Lupa Password

Profil STKPK Bina Insan



SEJARAH SINGKAT SEKOLAH TINGGI KATEKETIK PASTORAL KATOLIK (STKPK) BINA INSAN - KEUSKUPAN AGUNG SAMARINDA


Gereja Katolik dalam sejarah kehadirannya di Indonesia telah terlibat dalam karya pembangunan untuk mewujudkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat yang lebih adil dan beradab. Keterlibatan Gereja dalam karya pembangunan, terungkap secara nyata dalam pertemuan Forum Konsultatif Tokoh Masyarakat Katolik Provinsi Gerejawi Samarinda, yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Keuskupan Agung Samarinda, pada 11-13 September 2009, di Hotel Grand Tiga Mustika, Balikpapan. 

Pertemuan Forum Konsultatif Tokoh Masyarakat Katolik tersebut telah menghasilkan komitmen pastoral sebagai wujud panggilan untuk bertindak dalam menanggapi keprihatinan sosial Gereja. Salah satunya adalah komitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelayanan pendidikan Katolik yang relevan serta bermutu untuk mengembangkan profesionalisme serta moralitas, dengan mengutamakan pendidikan kejuruan sebagai upaya kaderisasi dan regenerasi kepemimpinan. Komitmen tersebut terkait dengan kebutuhan mendesak untuk mengupayakan pendirian Universitas Katolik atau Sekolah Tinggi Pastoral di wilayah Provinsi Gerejawi Keuskupan Agung Samarinda.

Seiring dengan wacana pendirian Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral, pada Rapat Kerja Keuskupan Agung Samarinda (20-27 Juni 2010) direkomendasikan untuk mendirikan Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral di Keuskupan Agung Samarinda. Berkenaan dengan rekomendasi tersebut, Uskup Keuskupan Agung Samarinda, Mgr. Sului Florentinus MSF (alm) menetapkan Komitmen Pastoral sebagai Kebijakan Pastoral yang mengikat semua pihak untuk menjalankan karya pastoral guna mendukung upaya pendirian Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral sebagai peningkatan status Kelas Jauh STP-IPI Malang dan Kursus Pendidikan Agama Katolik yang telah terlaksana sejak Juli 2006.

Upaya menindaklanjuti rekomendasi pendirian Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral, Dewan Konsultores Keuskupan Agung Samarinda telah menetapkan pembentukan Tim Persiapan Pendirian Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral dengan mandat utama menyusun Proposal Kajian Kelayakan Pendirian Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral. Proposal Kajian Kelayakan Izin Operasional Sekolah Tinggi Pastoral Bina Insan Samarinda telah dikirim kepada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama RI, pada tanggal 04 September 2010 sebagai persyaratan untuk mendapatkan izin operasional.

Perkembangan selanjutnya, menindaklanjuti proposal tersebut maka Tim Supervisi Direktorat Jenderal Bimas Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia, melaksanakan supervisi pada tanggal 29-31 Desember 2010, di Samarinda. Hasil supervisi tersebut merekomendasikan perlunya perbaikan dokumen proposal sebelum diterbitkannya izin operasional Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral. Setelah perbaikan dokumen dikirim kembali ke Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama RI, maka Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI menerbitkan SK Izin Operasional STKPK Bina Insan Nomor DJ.IV/Hk.00.5/86/2011, tanggal 30 Juni 2011. Pendirian STKPK Bina Insan tersebut diresmikan oleh Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI pada tanggal 30 Juli 2011 di Samarinda.

Kini STKPK Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda telah berdiri selama tujuh (7) tahun sejak diterbitkannya SK Ijin Operasional Nomor: DJ.IV/Hk.00.5/86/2011 tertanggal 30 Juni 2011. Berdasarkan pengajuan Proposal Perpanjangan Ijin Operasional STKPK Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda Jurusan Kateketik Pastoral, dengan Program Studi: Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik Nomor: 79/STKPK-BI/KASRI/XII/2013, tanggal 04 Desember 2013; maka Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama RI, menerbitkan Surat Keputusan Perpanjangan Ijin Operasional STKPK Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda untuk jangka waktu tiga (3) tahun kedepan dengan SK Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI, Nomor: DJ.IV/Hk.00.5/67/2014, tertanggal 11 Juni 2014.

STKPK Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda berstatus TERAKREDITASI-BAN PT, berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 97 huruf a. dan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 160/E/AK/2013 Perihal Ijin Penyelenggaraan dan Akreditasi Program Studi, tertanggal 01 Maret 2013.


VISI PROGRAM STUDI

Terwujudnya Pendidik yang Misioner Tahun 2025


VISI PROGRAM STUDI

Terwujudnya Pendidik Agama Katolik yang Misioner  Tahun 2025

Penjelasan mengenai rumusan Visi Program Studi adalah sebagai berikut:

1. Pendidik Agama Katolik Yang Misioner adalah pribadi yang memiliki sikap profesional, beriman, teguh, tanggap, tangguh, berbudi luhur yang dapat dipertanggungjawabkan kepada Gereja dan masyarakat

2. Output Program Studi Pendidikan Agama Katolik STKPK Bina Insan memiliki daya saing serta daya banding dengan program studi sejenis lainnya.

3. Tata kelola penyelenggaraan program studi, berkaitan dengan aspek inputprocess, maupun output, termasuk outcomeimpact, dan benefit berorientasi pada pengembangan budaya mutu yang berkelanjutan sehingga mampu memiliki daya saing pada tingkat lokal dan nasional.

Dalam upaya mewujudkan Visi,  Proram Studi senantiasa responsif terhadap berbagai inovasi dan secara berkelanjutan melakukan transformasi sehingga terdepan dalam mutu.

 

MISI PROGRAM STUDI

Misi Program Studi Pendidikan Agama Katolik STKPK Bina Insan adalah sebagai berikut:

1.   Melaksanakan Pendidikan Agama Katolik yang otentik  dan kontekstual serta pembinaan mental-spiritual yang berorientasi pada keterlibatan karya pastoral.

2.   Melaksanakan penelitian untuk pengembangan karya pendidikan agama Katolik.

3.   Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan semangat pelayanan.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

Dalam rangka mencapai Visi dan Misi Program Studi, maka dirumuskan tujuan strategis yang harus dicapai, sebagai berikut:

1. Menghasilkan tenaga pendidik yang menguasai ilmu pendidikan dan ilmu pendidikan Agama Katolik serta meniliki spiritualitas Katekis yang   

    menyemangati hidup dan karya panggilannya.

2. Menghasilkan tenaga pendidik Agama Katolik yang memiliki komitmen untuk mengabdi pada Gereja dan masyarakat.

3. Menghasilkan tenaga pendidik Agama Katolik yang mampu menemukan pengetahuan baru melalui penelitian, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan 

    teknologi, dan mampu mengimplementasikannya dalam karya pendidikan dan karya pendidikan Katolik.

4. Menghasilkan tenaga pendidik Agama Katolik yang memiliki wawasan kebangsaan, terbuka untuk berdialog dan mampu melaksanakan pengabdian kepada 

    masyarakat, yang merupakan penghayatan hidupnya sebagai seorang Pendidik Agama Katolik, dan penghayatan spiritualitasnya sebagai Katekis. 



IDENTITAS STKPK BINA INSAN

1.  STKPK Bina Insan adalah Perguruan Tinggi Agama Katolik Swasta sesuai Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 325, Tahun 2002 tentang Pedoman Pendirian dan Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Katolik Swasta, berkedudukan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. 

2.   STKPK Bina Insan diselenggarakan oleh Yayasan Mitra Kasih dibawah tanggung jawab Uskup Keuskupan Agung Samarinda berdasarkan SK Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI, No.DJ.IV/Hk.00.5/86/2011 tanggal 30 Juni 2011 tentang Pemberian Izin Operasional Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral Katolik Bina Insan dan diperpanjang dengan SK. No.DJ.IV/Hk.00.5/67/2014, tanggal 11 Juni 2014. 

3.     Selain kuliah reguler di Kampus STKPK Bina Insan, juga dilaksanakan di luar Kampus melalui Pastoral Stasi, Karya Bakti Natal dan Paskah.

4.  Berkenaan dengan pembinaan mental-spiritual sebagai calon Katekis atau Guru Agama, para mahasiswa Semester I-V wajib tinggal di Asrama, sedangkan para mahasiswa Semester VI ke atas dapat tinggal di luar Asrama atau dapat tinggal di Asrama STKPK Bina Insan bila daya tampung Asrama masih memungkinkan dan setelah dipertimbangkan oleh Pimpinan Asrama berdasarkan permintaan khusus dari orang tua atau wali mahasiswa.

5.     Setiap mahasiswa STKPK Bina Insan menandatangani pernyataan: 

a. Tidak sedang dalam kasus moral yang bertentangan dengan ajaran iman Katolik dan norma-norma sosial sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

b. Selama masa studi di STKPK Bina Insan, tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan ajaran iman Katolik dan norma-norma sosial sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 

c.   Selama masa studi di STKPK Bina Insan, tidak menunjukan perilaku pacaran secara vulgar baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus.

d. Selama masa studi di STKPK Bina Insan sanggup mentaati Peraturan Akademik dan Peraturan Asrama.

e.  Bersedia dikenakan sanksi Akademik bila tidak memenuhi aturan sebagaimana tercantum pada poin 1-4. 

 


TENTANG KAMI


Our Work
Missions and History
FAQS
Get In Touch

KONTAK KAMI


Jl. WR. Soepratman No. 2 RT. VII. Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota 75121 - Kalimantan Timur

(0541) 739914

stkpksamarinda@gmail.com

NEWSLETTER


Subscribe to our newsletter and receive the latest offers, discounts and updates


Copyright © 2016 PMB - Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral Katolik Bina Insan. All Rights Reserved